Puasa Taun ini tak se seru di jaman awak.

Bercerita jaman anak anak, pasti bakal mengingat masa masa lucu pas puasa dulu, ada gilak gilaknya, sampek senget senget nya. Pembaca tulisan ini di harapkan anak Medan.

Dulu waktu awak anak anak, kalau udah puasa... dah heboh lah tuh sama kawan kawan. Ya libur sebulan kan bingung mau ngapain. Sudah jadi kewajiban kalau puasa ITU maen meriam bambu, maen rumah rumahan, battalion, perancis, maen galaseng, dll.

Nama kawan kawan awak kecil :
1. Fajar sidik kami panggil untung, soalnya nama bapaknya untung hahaha
2. Septian Harmiko kami panggil monteles soalnya dia jago maen bola kayak montella pemain AS Roma.
3. M Faisal kami panggil ican. dia ini juga sepupu awak, mana udah kawen pulak kau. enak lah kau udah ada binik mu... haha.
4. Ragil kami panggil ragil, nah yg satu INI kawan awak maen paret, cari ikan malam malam alias nyolo di paret dekat rumah. Kalau soal cewek dia paling jago... haha.
5. Okto dalingga alias angga. yang satu INI anak orang kaya di dekat rumah awak, tapi ada dikit paok paok nya,cemana lah uang nya belebeh pun dia gak tau... ya kami belikan maenan aja lah sama fajar  alias untung  kami belik byblate.. itu gaseng itu loohh haha...




1. Awak mau cerita dari maen meriam bambu. Meriam bambu itu maenan sangat berbahaya buat anak jaman sekarang, tapi maenan paten kali di jaman awak. Cemana lah namanya juga anak anak jaman dulu.. kalau gak maen yg ada unsur bahayanya ya gak seru. Jadi dulu awak sama ican itu kalau tiap puasa bikin meriam bambu, bambunya kami carik dekat sunge yang di dekat rumah. Sebenar nya bukan sunge sih, cuman paret besar aliran air Dari sawah sawah. Awak sama ican ini memang saudara, cuman masalah kreatifitas (kereak Dan ber aktifitas) kami gak kalah sama kawan kawan yang lain. Jadi kami bikin meriam iti gak besar besar , cuman bisa bikin telinga wak arseh pekak haha. Meriam bambu itu biar suara nya nyaring, masukin karbit... jadi suaranya making besar. Pernah waktu kami maen meriam bambunya pecah, gara gara gak tahan menaham suara dentuman. Ya si ican lah jadi korban, tangan nya ke siram minyak lampu, untung gak sampai terbakar. Dan  Nenek nenek yang paling bising yang sukak marah marah ya cuman wak arseh( udah mendiang). Cak lah kelen bayangkan, cemana wawak INI gak marah... orang kami arahkan muncung meriam nya ke rumah dia... hahaha jail banget kan.

2. Maen rumah rumahan, nah kalau maen rumah rumahan tetap aja yg join aku sama ican. Dan lawan yang punya rumah ITU si fajar anak nya wak  untung tadi. Beeghhhh kalau udah maen rumah rumahan, dah lah pada sibuk carik seng bekas di lobang sampah atau terpal tenda biru. Awak sama kawan kawan ITU gak perlu Kali yang mahal bahan nya, cukup Dari lobang sampah... dah jadi lah bikin rumah rumahan.
Serunya kalau punya rumah rumahan, siap sholat teraweh pasti langsung ke gubuk. Kadang bakar pisang, kadang bakar ubi, kentang Dan semua itu kami ambil Dari warong nenek awak, gak ngambil sih cuman awak curik aja haha, baru lah awak sama ican kenak repet besok pagi  sama nenek hehe... love you nek "_" ( udah mendiang).  Kebanggaan tersendiri jika pada saat tertentu ada hujan BATU gubok awak bisa bertahan. lohh kok hujam batu, wkakka ujan batu itu, batu yang di lemparin sama ITU lah anak wak untong si fajar sama kawan kawan nya. Hebat nya seorang pembuat gubuk di uji dengan besar nya batu yang di lempar. Jadi sebtol nya cuman rasa sirik aja sih, kalau melihat salah satu gubok nya bagus.  hahha namanya juga anak anak.


3. Maen Layangan.  Layangan juga salah satu yang kami bikin setiap puasa. Mulai dari yang kecil sampai layangan "SENDAREN", ada juga nama layangan "CAPDAN". Awak mau jelaskan layangan yang kecil dulu. Layangan kecil ini biasanya cuman satu warna, terbuat dari kertas minyak, warna nya merah, dan ada juga warnanya yang kuning. Tapi awak biasanya beli warna merah. Kalau dulu 1 bijik layangan cuman 100 perak, atau cepek uang benggol. hahaha. masih ingat kelen sama uang benggol kan ?. Ada layangan sendaren, kalau layangan sendaren ini ukuran nya bisa 5 kali lebih biasa nya, dan layangan sendaren biasanya awak sama kawan kawan buat sendiri, ya sekalian cari bambu lah di sunge tadi.

4. Carik belot di sawah. Jadi kalau dulu waktu puasa, ada satu kegiatan unik yang kami lakukan waktu sore hari.  ya maen maen di sawah mak yayuk dekat mesjid al ghufron. Hampir semua bedeng sawah hancur kami buat, kami injak injak dan  walhasil kami kenak repet lah sama mak yayuk wkakwkakwa. kalau udah ke sawah awak paling maen nya sama si yogi, anak anak jauh di bawah awak sekitar beda 10 tahun. Cuman si yogi ini aktif maen maen di paret, jadi dia tau mana lobang yang belum dapat belut nya hahaha. LICIK juga awak.  Pernah satu kali kami manceng sampek nyeberang pasar untuk sekedar carik belot. Udah sampek gitu manceng belot lah kami bedua, dan biasanya kalau untuk nge-cek lobang belut itu masih ada atau enggak, kami cukup mengecak kecak air yang ada di d lobang tersebut. Apabila air tersebut seperti berbuih dan kereh... tandanya masih ada belut di dalam nya. Asik kan jaman awak anak anak dulu hahahha.  Jadi awak masukkan lah pancing yang di buat dari jari jari sepeda jonder awak ke lobang belut nya... dan TAPPP   di tarek nya coyyy  alahmakkk kok berat kali bah..  perlawanan sengit sang belut pun terus berlanjut dan akhir nya awak mengalahkan nya dan menjerit sama si yogik...  GIIIII abang dapat nih... mana gembal kita ckakckkakka.

5. Maen Patok Lele, Tau kelen maen patok lele woi ??  iya maen nya itu ada 2 kayu panjang dan pendek. Yang panjang ukuran nya kira kira 40 cm dan yang pendek sebagai anak kira kira 20 cm. Kalau sore puasa puasa, kami pun sering maen patok lele dekat rumah si ijal. Si ijal ini anak nya almarhum kakek "Temu" dulu waktu anak anak borok-an kepalanya, sampai kami sempat manggil dia dengan sebutan "Ijal BOROK".

6. Maen Ban Bekas. Kalok dulu weii,  seru kali lahh...  gak ada kami belik belik mainan, semua nya di bikin, carik di lobang sampah  apa yang bisa di pakek jadi mainan..  kalau di medan orang orang suka bilang ( Ngguris ) hihi.... Maen ban ini seru kali...  jadi kami biasanya tanding lomba ban di jalankan pakai kayu terus siapa yang dluan pinis di garis dia lah yang menang. Pernah suatu kali aku maen sama kawan kawan, jadi lomba lah kami kan wei..  terus di hitung lah sama kawan awak...  1, 2, 3  brrrrrrr mulai....  sangking kencang nya kami lari ban awak pun masok ke paret, awak pun ampir masok paret..  wkaakka   cepat cepat lah ku ambil ban ku di paret..  terus ikut lomba lagi.. wkakakka...terakhir nya pun awak kalah :D


Udah Dulu lah ya wei awak cerita, dah capek juga awak :D  nanti kalau ada cerita lucu atau info info yang gak gitu penting pasti awak upload kan lagi ke blog awak ini . Salam Anak Medan :D
































a

Comments

Total Pageviews

Popular posts from this blog

Selamat Ulang Tahun Kabar Medan

Backlink Penting 2023

Backlink Penting 2023 III